Agar Tidak Mengantuk Ketika Puasa, Inilah Caranya!

Faniujangherbal.blogspot.com - Selama berpuasa di bulan ramadhan ini, jam tidur yang berkurang menciptakan kita sering mengantuk. Biasanya rasa kantuk mulai menyerang di jam 14.00-17.00, kenapa ? Alasannya sebab pada waktu itu kadar gula darah mulai turun di dalam tuuh.



Berikut cara semoga tidak gampang mengantuk ketika berpuasa :

1. Bergerak atau Berolahraga


Salah satu penelitian dari seorang profesor di California State University, Robert Thayer, PhD pertanda bahwa " Berjalan selama 10 menit sanggup meningkatkan energi badan selama 2 jam. Hal tersebut dikarenakan dengan berjalan bsa memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot. Kaprikornus ketika mengantuk biasakan bergeraklah sesaat dengan memulai melaksanakan peregangan atau berjalan serta berolahraga semoga tidak mengantuk atau menghilangkan rasa kantuk.

Sementara itu berolahraga ketika berpuasa tetap dianjurkan lho. Tetapi, dianjurkan ketika sehabis berbuka atau sehabis sahur. Karena dengan berolahraga juga sanggup membantu badan tidak gampang mengantuk. Para peneliti dari Universitas Georgia menemukan bahwa olahraga lebih efektif dalam meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada sebagian obat yang dipakai untuk mengatasi duduk kasus tidur. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

2. Bekerja di kawasan terang


Bekerja di kawasan gelap atau yang minim pencahayaan memang dilarang dilakukan apalagi ketika sedang menjalankan puasa sebab sanggup memperburuk rasa lelah juga rasa kantuk. Sebuah penelitian menyatakan bahwa paparan cahaya sanggup mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

3. Tidur siang


"Tidur siang sanggup menciptakan kepingan otak yang terus aktif diberikan kesempatan untuk beristirahat sejenak. Selain itu, tidur siang juga memiliki manfaat untuk konsentrasi otak dan memulihkan energi serta sanggup menciptakan seseorang lebih fokus, produktif, dan kreatif," berdasarkan pakar kesehatan Brad Stulberg dan Steve Magness. Maka tidak ada salahnya kalau mengantuk dan tidur siang sebentar ketika berpuasa. Tetapi, manfaat itu sanggup dirasakan kalau tidur siang tidak lebih dari 30 menit.

4. Mengalihkan pandangan


Apabila pekerjaan seharian kau selalu berada di depan layar komputer niscaya akan menyebabkan mata menjadi kelelahan dan memperburuk rasa mengantuk juga rasa lelah pada tubuh. Dengan mengalihkan pandangan kau dari layar komputer selama beberapa menit secara terjadwal untuk menenangkan mata sehingga mata terasa lebih fresh walau hanya sebentar.

Bagaimana tidak terlalu susah bukan untuk melaksanakan cara semoga tidak mengantuk ketika puasa? Selamat mencoba!

Komentar

Postingan Populer